Minggu, 14 Mei 2023

2. Germany series : Abstrak penelitian???

 

Abstrak penelitian???




Koridor lantai dua begitu riuh dengan kerumunan mahasiswa yang mengerumuni papan penguguman. Beberapa terlihat bersemangat dan beberapa tampak lesu setelah melihat pengumuman. Aku segera bergegas mendekati kerumunan. Ternyata pengumuman yang sedang dipajang adalah perihal akan adanya seleksi Student Exchange yang diumumkan oleh Bu Kartika beberapa hari lalu. Aku segera menyelinap diantara kerumunan itu demi membaca detail informasi itu dengan lebih baik. Ku telaah satu-demi satu kalimat disana, tertulis beberapa syarat yang harus dipenuhi pada tahap seleksi berkas. Diantaranya adalah Transkrip nilai dengan minimal IPK 3.25, motivation letter, curriculum vitae, sertifikat TOEFL jika ada, paspor jika ada, dan abstrak penilitian. 

Alamakkkk.... banyak sekali. Penelitian??? mana punya aku penelitian, aku kan masih semester 3.  Aku jadi tau alasan kenapa beberapa mahasiswa yang baru saja membaca pengumuman jadi lemas lesu tak berdaya... fyuhh..

Dengan durasi waktu hanya seminggu, mana mungkin aku bisa membuat penelitian? itu jelas tidak mungkin. yahh... dengan berat hati akhirnya aku harus mengurungkan niatku untuk mendaftar pada kesempatan itu. 

Aku akhirnya memutuskan untuk masuk kelas dengan suasana hati yang tidak karuan, sambil menimang-nimang siapa ya yang mampu lolos di seleksi Student Exchange itu? apakah si Fulan atau si Fulanah? hmmmm...

H-3 pendaftaran Student Exchange itu akan ditutup. Aku tidak tau siapa saja temanku atau kakak angkatan yang sudah mendaftar. Yang jelas, aku tidak mendaftar. 

 "Mahasiswa penempuh Biomol, utamanya dari angkatan 2016 kok tidak ada yang mendaftar seleksi Student Exchange" tanya Bu Kartika agak jengkel saat sedang mengajar mata kuliah Biomol. 

Kami terdiam dengan pertanyaan itu. Bagaimana mau daftar Bu, kami semua kan belum ada yang melakukan penelitian, gimana mau buat abstrak. belum lagi paspor dan TOEFL jelas belum aku kantongi, jawabku dalam hati. Tak berani menyampaikan hal itu secara langsung. 

"Ngapunten (Permisi dalam Bahasa Jawa) Bu Kartika, saya mau tanya. Perihal dengan abstrak penelitian niku pripun nggeh Bu, karena sebagian besar kami belum melakukan penelitian Bu?"  tanya seorang mahasiswa, entah siapa. 

Ya Allah... Alhamdulillah ada yang nanyain pertanyaanku, hehe

"Untuk abstrak penelitian itu, khusus mahasiswa 2016 yang boleh meresume jurnal saja. Jurnal Internasional yang topiknya berkaitan dengan bioteknologi" Jelas Bu Kartika.

Whatt?? Resume jurnal? berarti tidak perlu penelitian

tanyaku dalam hati seolah tidak percaya. YESSSS.  Kalo begitu kan aku bisa usahakan untuk daftar juga.

"Taaapi... ini sudah H-2 penutupan seleksi, sedangkan aku belum siap-siap apapun, mana aku juga tidak punya laptop untuk membuat CV dan motivation letter... huhuhu"

"Ah sudahlah gampang, nanti pinjam punya teman kos"

sepulang dari kampus aku segera pulang ke kos, berharap bisa meminjam laptop Ulfa, teman sekamarku. Tapi sesampainya di kos ternyata Ulfa sedang mengerjakan tugas, yang jelas sedang menggunakan laptopnya. Akhirnya ku urungkan niatku untuk meminjam laptop dia. Aku berencana untuk bangun tengah malam saat dia sudah tidur sehigga aku bisa pinjam laptiopnya.

Selagi Ulfa masih mengerjakan tugas, aku segera berbenah dan tidur. Berharap alarmku mampu membangunkanku jam 1 malam nanti. 

Tringgg... tringg.... alarmku berteriak-teriak membangunkanku. Aku terbangun, tapi hanya untuk mematikan alarmku dan melanjutkan tidur. Lupa bahwa aku punya janji ketemuan dengan Laptop Ulfa. 

Paginya saat bangun subuh aku tak hentinya mengutuki diriku kenapa aku tidur lagi sih, huhhh. sekarang sudah H-1 penutupan seleksi Student Exchange. Aduhh gimana kalo aku tidak nutut mau daftar. Laptop Ulfa juga jelas akan di bawa ke kampus untuk kuliah, ya sudahlah aku pasrah saja.

Aku bersiap-siap ke kampus. Disela-sela jam kuliah aku sempatkan browsing menggunakan HP evercrossku yang sudah butut itu untuk mencari informasi bagaimana cara membuat CV dan motivation letter, serta mencari-cari jurnal yang akan aku resume. Barangkali nanti malam aku masih bisa kejar deadline, pikirku. 

Akhirnya aku sudah dapat jurnal yang akan aku resume, aku buat resumenya di kertas dulu. Diketiknya bisa nanti. 

Seusai jam kuliah terakhir, aku segera pulang ke kos. Berharap bisa meminjam laptop Ulfa, dan setibanya di kos, syukurlah ternyata Ulfa sedang rebahan main HP.

"Fa..., boleh aku pinjem laptop?"tanyaku.
"Pakek aja, passwordnya tau kan?"tanya Ulfa sekedarnya barangkali aku lupa pasword dia, hehe mana mungkin aku lupa, lha udah sangat sering pinjam laptop :)

Semoga suatu hari nanti aku bisa nabung sendiri buat beli laptop, Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad.  bisikku dalam hati

Aku segera mengetik hasil resume jurnalku tadi siang, tentunya harus dalam bahasa Inggris. CV dan motivation letterku juga harus dalam Bahasa Inggris.

Aku sangat bersyukur, meskipun kemampuan bahasa Inggrisku masih sangat minim, tapi pengalamaku tinggal di asarama bilingual ketika mondok dulu sangat terpakai saat ini. 

Resume selesai .

Curriculum vitae selesai.

Tinggal motivation letter. Aku memutar otak bagaimana cara membuat motivation letter yang baik. Aku belum pernah membuatnya selama ini. Ku baca contoh-contoh yang ada di internet, menonton youtube tentang motivation letter yang baik. 

Sudah jam 10 malam. Monitorku masih kosong, menyisakan halaman blank document dengan kursor jomblo yang berkedip-kedip sendiri di pojok kiri atas. Sedang jam 12 malam adalah terakhir pengumpulan berkas. Duh...

Aku ketik semua yang bisa aku ketik, berberkal materi yang baru saja aku baca di internet. 

My name is Nuril Azizah. I am 19 years old, I was born in Bondowoso.  Ketikanku berhenti, kemudian ku delete kalimat yang sudah ku ketik.

I am Nuril Azizah, a biology student from Jember University, aku mengetik kalimat baru yang serupa. 

ku delete lagi. ku ketik lagi. ku delete lagi. ku ketik lagi...

Jam setengah 12 malam, akhirnya motivation letter abal-abal ku selesai. 

Ku baca ulang, banyak sekali typo nya. Aku habiskan waktu yang tersisa untuk proof reading  dan menggabungkan semua file yang sudah siap, termasuk transkrip nilaiku. Waktu itu IPK ku 3.4, tidak terlalu jauh dari batas minimal IPK pendaftaran, hehe.

Combine. Compress. Done!

Aku kirimkan berkas pendaftaranku via email. 

Tinggal menunggu hasilnya.

Just do the best, and let God do the rest.

Aku tidur dengan perasaan deg degan, apakah aku bisa lolos ya? hmmm

 To be continued...........



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4. Germany Series : Second Batch!

Second Batch : Student Exchange 2018 Aku tidak lolos seleksi student exchange itu, dan teman sekelasku, Khalid, dia lolos! ah itu... sedikit...